-->

IKLAN

IKLAN

Pemdes Sungai Baung Gelar Rembug Stunting

mediasinarmuratara
21 Mei 2024, 09:12 WIB Last Updated 2024-05-21T02:14:24Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Kepala Desa Sungai Baung Abdul Halim, S.IP menyampaikan sambutan dalam acara rembug stunting di balai desa



MURATARA MSM.COM – Pemerintah Desa Sungai Baung, Kecamatan Rawas Ulu, Kabupaten Muratara, menggelar rembug stunting, di balai Desa Sungai Baung, Senin (20/5/2024).


Rembug stunting ini digelar, dalam upaya percepatan penurunan stunting tingkat desa di tahun 2024, dengan pembahasan terkait keterlambatan, kemajuan, keterampilan dan pertumbuhan seorang anak.


Hal itu biasanya terjadi sejak umur 40 hari masa kelahiran. Namun, hal itu bisa dicegah sejak dini mulai 40 hari masa kelahiran/kehamilan, dengan asupan makanan bergizi dan berkualitas, serta memenuhi standarisasi yang ditentukan.


Kepala Desa Sungai Baung Abdul Halik, S.IP mengingatkan, sesuai hasil dari pertemuan dengan pemerintah daerah, pemerintah desa dan pihak terkait lainnya diminta serius meningkatkan pelayanan.


Selain itu, diminta untuk bekerja sesuai tupoksi masing – masing, untuk peningkatan pelayanan kepada masyarakat, seperti dalam pelayanan kesehatan, pangan dan kebutuhan masyarakat terkait kesehatan.


“Seperti pelayanan pembuatan kartu BPJS maupun KIS, masyarakat tidak mampu, rumah tidak layak huni, dan tidak ada lagi masyarakat yang kelaparan” kata Abdul Halik.


Dia juga mengingatkan seluruh perangkat desa, untuk bekerja dengan baik serta memberikan pelayanan prima, ramah tamah namun tetap teliti kepada masyarakat.


Sementara, pendamping kecamatan H. Hendi. S Karim mengatakan, dalam rembug stunting yang membahas terkait percepatan penurunan stunting, tak hanya berbicara tatacara pelayanan.


Namun, lebih dari itu harus juga memahami tentang apa yang mesti dilaksanakan dalam pencegahan stunting. Seperti meningkatkan pelayanan air bersih, dan pelayanan rumah sehat terhadap masyarakat.


“Supaya tidak terlibat bagi anak – anak balita dalam pertumbuhan dan perkembangan, mulai dari lahirnya, dari usia 2 tahun sampai usia 3 tahun” ucapnya.


Ditempat yang sama, pemateri rembug stunting Dilan menyampaikan cara – cara penurunan stunting di tingkat desa tahun 2024. Diapun mengharapkan pemerintah desa bersama bidan desa membuat berbagai kegiatan dalam upaya penurunan stunting.


“Mulai dari remaja, calon pengantin, ibu hamil dan menyusuai, dan balita dalam rangka penurunan stunting tahun 2024” tandasnya.


Kegiatan rembug stunting ini dihadiri perangkat desa Sungai Baung, Babinsa, Kasi Pelayanan Umum Rawas Ulu, BPD dan anggota, bidan desa, kepala PAUD, perwakilan Puskesmas Surulangun, Dinas KB dan kader Posyandu.


Jurnalis : Muhayan

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA