-->

IKLAN

IKLAN

KKN Di Desa Dano, Mahasiswa Muhammadiyah Bandung Luncurkan Website Resmi Desa

mediasinarmuratara
24 September 2024, 22:06 WIB Last Updated 2024-09-25T03:11:12Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Mahasiswa KKN kelompok 8 Reguler Universitas Muhammadiyah Bandung bersama Sekretaris Desa Dano, Faisal Ali Hikmatul, A.Md. POL saat peluncuran website dano.id di kantor Desa Dano




DANO MSM.COM Desa Dano, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat malaunching website desadano.id, pada Kamis (12/9/2024) lalu.  Website resmi desa itu diluncurkan, atas inisiasi mahasiswa KKN kelompok 8 Regular Universitas Muhammadiyah Bandung.

 

Peluncuran website dano.id, dilakukan dikantor Desa Dano. Dihadiri perangkat desa, dan mahasiswa. Website desadano.id, diluncurkan untuk memberikan akses informasi yang lebih baik kepada masyarakat.

 

Pembuatan website resmi ini, merupakan salah satu program kerja dari kelompok 8 Reguler Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Muhammadiyah Bandung. Pembuatan website dano.id sendiri, berdasarkan research. Hasil research diketahui jika desa Dano belum memiliki website sendiri.

 

Sekretaris Desa Dano, Faisal mengatakan, pada 2021-2022 lalu, Desa Dano sudah pernah melaunching website desa. Namun, website yang diluncurkan tidak terurus dan tidak terpakai. Lantaran, kurangnya sosialisasi dari pihak pembuat website kepada pemerintah desa.

 

Dengan diluncurkannya website desadano.id, kata Faisal, tentu saja pemerintah Desa Dano sangat senang. Kehadiran mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bandung, dengan salah satu programnya, sukses meluncurkan website dano.id.

 

“Senang sekali, saat ini website desadano.id bisa diakses masyarakat. Ini sangat membantu dalam transparansi pemerintahan desa, membantu masyarakat memperoleh informasi soal bantuan – bantuan, visi – misi kepala desa, struktur organisasi desa, profil dan dan informasi lainnya” kata Faisal.

 

Sosialisasi Pentingnya Publikasi dan Medsos untuk Desa

 

Sementara, pembuat website dano.id, Chintia Agustin yang tergabung dalam mahasiswa Kelompok 8 Universitas Muhammadiyah Bandung, mengaku sangat senang bisa berkontribusi dalam pembuatan website Desa Dano.

 

“Ini merupakan langkah besar bagi desa Kita, untuk meningkatkan akses informasi dan memperkuat komunikasi diantara warga. Dengan adanya website ini, saya mengharapkan, setiap informasi mengenai kegiatan desa, program desa dan berita terkini dapat dengan mudah diakses oleh semua warga, baik yang berada disini maupun diluar desa” kata Chintia Agustin.


Mahasiswa KKN kelompok 8 Reguler Universitas Muhammadiyah Bandung, Sierliyana Habila Putri menjadi pembicara sosialisasi pentingnya peran publikasi dan media sosial bagi desa


 

Dia percaya, website desadano.id, akan menjadi alat yang efektif untuk memberdayakan masyarakat, dan meningkatkan partisipasi dalam pembangunan desa. Dia pun mengucapkan terima kasih kepada semua pihak, yang telah mendukung dan berkolaborasi dalam proyek pembuatan website desadano.id. “Mari kita bersama – sama memanfaatkan teknologi untuk kemajuan Desa Dano” ajaknya.

 

Tak hanya launching website, dikesempatan yang sama, dirangkai dengan sosialisasi mengenai pentingnya publikasi dan media sosial. Mahasiswa KKN Kelompok 8 Universitas Muhammadiyah Bandung, menjelaskan bagaimana media sosial dapat menjadi alat efektif untuk menyebarluaskan informasi.

 

Berinteraksi dengan masyarakat, serta meningkatkan partisipasi warga dalam program-program desa. Mahasiswa KKN Universitas Muhammadiyah Bandung, juga membantu membuat akun media sosial, seperti Instagram dan Tiktok resmi untuk Desa Dano.

 

Sekretaris Desa Dano Faisal pun memberikan apresiasi. “Bagus, karena diera digitalisasi 4.0 ini, kita sangat membutuhkan digitalisasi, untuk memperlancar akses masyarakat terhadap keterbukaan administrasi desa” ujarnya.


Mahasiswa KKN kelompok 8 Reguler Universitas Muhammadiyah Bandung, Chintia Agustin pembuat website resmi Desa Dano



Dengan suksesnya launching website dano.id, maupun sosialisasi peran publikasi serta media sosial, kata Faisal, kini Desa Dano memasuki era baru dalam komunikasi dan informasi. Inisiatif ini diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan masyarakat dalam pembangunan desa, dan menjadikan Desa Dano lebih maju, dengan dukungan akses informasi.

 

“Saya harap, akan selalu ada perkembangan untuk website desa, serta kolaborasi berkelanjuran antara desa dano, dan mahasiswa universitas Muhammadiyah Bandung di agenda-agenda lainnya. Pemerintahan desa Dano, akan terus ingin melanjutkan kolaborasi ini” ujarnya.

 

Menurutnya, acara ini bukan hanya menandai langkah positif bagi Desa Dano. Tetapi juga menunjukkan kolaborasi yang baik, antara universitas dan masyarakat dalam upaya pemberdayaan dan pembangunan.

 

Penulis : Sierliyana Habila Putri

baca berita lainnya di google news 

 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA