-->

IKLAN

IKLAN

Jaga Stabilitas Daerah, Pemkab Muratara Buat Program KITA AMAN

mediasinarmuratara
02 Oktober 2024, 18:24 WIB Last Updated 2024-10-02T11:24:21Z
masukkan script iklan disini
masukkan script iklan disini

 

Asisten I H. Alfirmansyah memimpin Forum Group Discussion (FGD) melibatkan seluruh stakeholder, untuk memperkuat komitmen bersama program KITA AMAN


 

MURATARA MSM.COM Pemkab Muratara, berkomitmen menjaga stabilitas daerah. Strategi penerapan standar pelayanan minimal bidang ketentraman, ketertiban umum dan perlindungan masyarakat, dilakukan melalui program KITA AMAN.

 

Program Ketentraman, Ketertiban Umum, Perlindungan Masyarakat Terwujud, Musi Rawas Utara Aman (KITA AMAN), merupakan salah satu langkah inovatif yang kini dijalankan Pemkab Muratara.

 

Program KITA AMAN, diluncurkan sebagai bagian dari penerapan Standar Pelayanan Minimal (SPM) di bidang Ketentraman, Ketertiban Umum, dan Perlindungan Masyarakat (Tibum Tranmas).


BACA JUGA : 

 

Asisten I, H Alfirmansyah mengatakan, dengan program KITA AMAN, diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang aman dan kondusif, untuk seluruh masyarakat. Rencana aksi perubahan terkait program ini, kata Dia, suda disampaikankepada pimpinan daerah.

 

“Salah satu langkah inovatif yang telah diambil, adalah pembentukan Tim Efektif, yang bertugas menggerakkan dan mengawasi pelaksanaan program, serta menjamin sinergi antara berbagai pemangku kepentingan” jelasnya, Rabu (2/20/2024).

 

Persiapan eksekutif program ini, kata Alfirmansyah, telah dimulai dengan rapat yang dipimpn Asisten Tata Pemerintah. Dihadiri berbagai pihak terkait, membahas secara mendalam tahapan pelaksanaan dan strategi operasional program KITA AMAN.


Asisten I H. Alfirmansyah saat memimpin rapat perumusan awal kebijakan program KITA AMAN Kabupaten Muratara


 

Dari forum itu, menghasilkan berbagai masukan berharga, yang akan menjadi landasan kebijakan awal program. Untuk memperkuat komitmen bersama, kata Dia, pemerintah daerah juga menggelar Forum Group Discussion (FGD), dengan melibatkan perwakilan dari Polres, TNI, dan tokoh masyarakat.

 

"Dalam forum ini, berbagai tantangan di lapangan diidentifikasi, dan solusi kolaboratif dirumuskan guna mewujudkan keamanan dan ketertiban yang berkelanjutan," jelas Alfirmansyah.

 

Dia mengungkapkan, salah satu langkah konkret yang telah direalisasikan, seperti pelatihan lintas sectoral, antara Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dan TNI. Pelatihan ini tidak hanya bertujuan meningkatkan kesiapan fisik dan mental personel, tetapi juga memperkuat koordinasi antara kedua lembaga dalam menghadapi potensi gangguan keamanan di lapangan. 


BACA JUGA : 

 

"Diharapkan, pelatihan ini akan menjadi fondasi kuat bagi keberhasilan implementasi Program KITA AMAN. Selain itu, pemerintah daerah telah menerbitkan Surat Keputusan Bupati yang mengatur penerapan SPM, serta MoU lintas sektoral dan surat penyediaan anggaran untuk memastikan kelangsungan program” paparnya.

 

Kolaborasi ini, imbuhnya, diharapkan dapat menciptakan Kabupaten Musi Rawas Utara yang lebih aman, tertib, dan nyaman bagi masyarakat. Dengan penerapan strategi yang matang, Program KITA AMAN diyakini akan membawa perubahan signifikan dalam menciptakan lingkungan yang lebih stabil dan aman.

 

Pemerintah Kabupaten Muratara optimis program ini akan memberikan dampak positif jangka panjang, bagi ketentraman dan ketertiban di wilayahnya. Menginggat di wilayah Kabupaten Muratara, merupakan wilayah baru di Provinsi Sumsel yang rentan terjadi konflik. Mulai dari konflik warga dengan perusahaan, warga antar warga, maupun konflik warga dengan alam.

 

Jurnalis : A.Majid

baca berita lainnya di google news 

Komentar

Tampilkan

BERITA TERBARU LAINNYA